Sabtu, 12 November 2016

Informatika Medis Dalam Terminologi Emperis



Ada beberapa definisi tentang informatika medis, dalam pengertianya ilmu informatika medis adalah ilmu yang menggunakan alat bantu analisis sistem untuk menggabungkan prosedur (algoritma) untuk manajemen, kontrol proses, pembuatan keputusan dan analisis keilmuan dari pengetahuan ilmu medis (Shortliffe, 1984) dari pengertian yang lainya informatika medis terdiri dari aspek-aspek teori dan praktek dari pemerosesan informasi dan komunikasi, yang di dasarkan pada pengetahuan dan pengalaman yang diturunkan dari proses-proses yang ada pada dunia medis dan perawatan kesehatan (Bemmel, 1984). Bemmel juga mengatakan bahwa, pada informatika medis kita akan mengembangkan dan menaksir metode-metode dan sistem-sistem untuk akuisi, pemerosesan, dan interpertasi data pasien dengan bantuan pengetahuan yang di peroleh dari prngetahuan para ilmuan (Bemmel, et al.., 1997). Greenes dan shortliffe mendefinisikan informatika medis sebagai suatu bidang yang memfokuskan diri pada kognitif, pengolahan informasi, dan komunikasi dari praktek medis, penelitian, termasuk ilmu dan teknologi informasi yang mendukung tugas tersebut (Greenes et al.,1990).
Dari beberapa pengerian diatas dapat ditarik suatu kesimpulah bahwa asimilasi antara ilmu biologi, kimia, fisika dan kesehatan secara eksplisit di transformasikan kedalam algoritma dan metode-metode beberapa disiplin ilmu tersebut sehingga terbentulah suatu produk medis, baik dalam aspek manajemen, kontrol, prefentif dan terapis. Sehingga akan memberikan suatu alternatif kemudahan dalam pengambilan suatu keputusan yang terukur bilamana akan digunakan oleh pengambil keputusan. Dalam hal ini paramedis, asisten paramedis maupun untuk pasien itu sendiri.
Clark mengatakan bahwa ada empak komponen dalam informatika untuk perawatan kesehatan, yaitu : komunikasi, manajemen, pengetahuan, pendukung keputusan, dan manajemen informasi.
Komunikasi dapat berupa :
1. Telemedecine
2. Teleradiologi
3. Email
4. Persentasi.
Manajemen pengetahuan dapat berupa :
1. Jurnal
2. Informasi kesehatan konsumen
3. Informasi medis berbasis gejala
Pendukung keputusan dapat berupa
1. Sistem pengingat (reminder system)
2. Sistem pakar untuk diagnosis
3. Interaksi obat
Manajemen informasi dapat berupa
1. Rekam medis secara elektronik (electronical medical report)
2. Transaksi pembayaran dan tagihan
3. Sistem pemesanan
Koert memberikan definisi praktis untuk informatika medis yaitu ilmu tentang manajemen informasi untuk perawatan kesehatan, penelitian, pendidikan, dan administrasi dengan cara mengaplikasikan, dan mengevaluasi teknologi informasi bersama-sama dengan prosedur-prosedur, dan budaya organisasi (Kroth, 2004).
Bidang ilmu yang relevan
Informatika medis merupakan bidang ilmu yang interdisipliner. Beberapa bidang ilmu yang dapat terkait dengan informatika medis, antara lain (Shaharar, 2006)
1. Ilmu medis
2. Biologi
3. Matematika
4. Sistem informasi
5. Ilmu komputer
6. Statistika
7. Analisa keputusan
8. Ekonomi (kebijakan perawatan kesehatan)
9. Psikologi
Istilah lain dalam informatika medis
1. Ilmu komputer medis (medical computer since)
2. Ilmu informasi medis (medical information since)
3. Aplikasi komputer untuk ppengobatan
4. Informatika kesehatan (helat informatics)
5. Informatika keperawatan (nursing informatics)

Daftar bacaan
Sri Kusuma dewi, Informatia kesehatan, Graha Ilmu, (Yogyakarta, 2009)
Turban, Decission Suport and business intellegen sytem, 2005
http://www.mtu.edu/medical-informatics/about/overview/medical-informatics/

0 komentar:

Posting Komentar