Rabu, 15 November 2017

Membuat applikasi chating Sederhana dengan JAVA

dalam era melenia ini aplikasi chat begitu marak digunakan disetiap smartphone maupun pada desktop PC. berbagai jenis aplikasi chat yang bersaing dengan berbagai macam fitur yang tersedia, misalkan Whatsapp aplikasi chat sejuta umat, WeChar, Line, BBM, Emo, Betalk dan lain sebagainya. namu pada kali saya akan mengulas bagaimana konsep aplikasi chat dibuat.
namun sebagai ilustrasi saya menggunakan  aplikasi chat berbasis desktop yang dibangun dengan bahasa java. tetapi pembaca minimal bisa memehami konsep pembutan aplikasi cahat tersebut, sehingga memiliki gambaran terkait bagaimana mengembangkan aplikasi chating lansgung saja :



Pertama, Buat Project baru disini saya namakan dengan MyChatApps dengan 3 buah package, (1) mychatapp.gui “disini terdapat clas Form untuk view chat dengan nama MainScreen.Java” pada (2) mychatapp.network berisi “MessageListener dan MessageTransmitter” dan (3)package mychat berisi  “MyChatApps.java dan WritableGUI.java” kurang lebih struktur tampilanya pada gambar dibawah ini:


Kedua buat tampilan di form main untuk oprasi chating, kurang lebih desainya seperi gambar dibawah ini:Tools :2 buah button =button1 variable name diganti menjadi listenButtonbutton2 variable name diganti menjadi sentButton4 buah textfield =Textfield1 variabel name digani recivePortTextfield2  variabel name digani ipTextFileldTextfield3 variabel name digani targetPortTextfield4 variabel name digani message


Berikut Contohnya tampilanya :



Untuk sorch code dan penjelasanya silahkan download disini


0 komentar:

Posting Komentar